Kamis, 03 Juli 2014

Merry Riana, Benar-benar Motivator

Merry Riana. Pernah dengar? Pernah sekedar membaca di beberapa media massa atau di beberapa  buku? Ya, aku kenal sosoknya melalui sebuah buku motivasi yang sempat menarik mataku ke salah satu rak mungil di salah satu toko buku. Semakin lama, semakin ku kenal sosoknya dari cerita-cerita mulut yang ramah, hingga kutelusuri sendiri melalui berbagai media informasi. Ternyata, ia bukanlah motivator instan yang begitu saja hadir di depan publik. Perjalanan hidup membuatnya tidak sungkan untuk berbagi sukses dengan sesama. Gambaran hidupnya tertuang jelas dalam buku biografi  tentang dirinya yang lebih suka kusebut saja itu novel.

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar. True Story. Sebuah novel dengan cerita yang begitu apik dengan kerja keras dan semangat. Ditulis oleh Alberhiene Endah. Sebuah kisah perjuangan yang sangat menggugah, dari mahasiswi berkantong pas-pasan hingga bisa meraih penghasilan satu juta dollar di usia 26 tahun. Suatu yang tidak mudah dan penuh tantangan hingga berakhir pada sebuah prestasi. Kerja keras dan semangat, bukanlah perkara utama. Keuletan, keimanan, ketabahan dan pesan-pesan orang-orang terkasih terkadang begitu berarti dalam rangkaian mendapati diri yang sesungguhnya ketika takdir dihadangkan dengan kondisi keuangan orangtua memburuk akibat krisis moneter, dan melanjutkan kuliah di negeri orang dengan modal pinjaman di bank dan biaya hidup yang jauh dari seadanya. Merry Riana menghadirkan sosok ibu yang begitu filosofis sebagai salah satu panutan hidup. 

Belum lagi tentang prahara lain yang melatarbelakangi hingga ia memilih lanjut di Singapura. Alva, suaminya kelak, menjadi pemberi batu loncatan bagi Merry dalam setiap mengawali semangatnya. 

Tak mudah menjadi Merry Riana. Merry Riana adalah saksi sekaligus pelaku hidup, bahwa setiap manusia yang hadir dalam masa-masa sulit akan selalu menemukan berkah dari Tuhan ketika tak pernah tersuarakan malas dalam raganya. Dan, jangan lupa kepada Tuhan. Berbagai lakon dijalani Merry. Tak apa ia mulai dari seorang pembagi brosur yang tak begitu menggiurkan, hingga ke lini lain yang serupa. Bagi Merry, ada pembelajaran besar yang ia temukan dari setiap waktu yang dilaluinya, dalam setiap lakon yang dijalaninya. Kesuksesan meraih satu juta dollar di usia belia, bukanlah prestasinya semata. Ada banyak orang-orang di sekitarnya yang membawanya larut dalam kemenangan. 

Selembar demi selembar, ceritanya selalu memberi hikmah dan semangat. Terkadang, rasa pesimisku berbalik terlimpahkan semangat untuk optimis ketika kudapati perjuangan hidup yang sedikit mirip denganku. Tak banyak, tapi luar biasa saja. Aku bisa menemukan sebuah titik yang tak sempat terbayangkan sebelumya. Dan logikaku kemudian membenarkannya.

Tak begitu banyak yang kusampaikan tentangnya. Masih banyak perjuangan hidup dan cerita-cerita manis yang rasanya begitu berharga untuk Merry, dan begitu menarik untuk dimaknai, bahkan pantas diteladani.

Merry Riana, agak canggung kusebut namanya demikian. Kak Merry, dari tumpukan cerita yang ia jadikan jejak hidup, membuatku merasa cukup untuk benar-benar percaya bahwa ia pantas menjadi seorang motivator.

555
 Sumber gambar: http://www.google.com

0 comments:

Posting Komentar